Selasa, 16 Agustus 2011

19.00 wib

Ini tentang sholat malam Tarawih tadi malam dan malam-malam sebelumnya,.. Siapa sih yang gak lemes,..ngantuk dll ketika kita sedang melaksanakan sholat tarawih (ayo ngaku pasti semua juga gak semangat) kecuali kalau inget pulang tarawih bisa bareng sama kecengan kita anak tetangga sebelah! Ehhehe,.. Btw menurut pa ustad, hanya beberapa orang saja yang sanggup menjalankan sholat tarawih secara berjamaah,. Berurut turut pula. Apapun alasannya sudah jelas inti dari kenapa kita selalu ada alasan untuk tidak tarawih adalah kurang iman,.. “malas” beribadah (terlepas ibadah itu hanya sekedar sunah yang masih ada warna perdebatannya tentang jumlah rakat terutama). Baik,.. sodara supaya aku tidak mengambil jatah pa ustad untuk beceramah,.. heheh kita kembali pada inti cerita yang ingin aku sampaikan heheh...



Sebenarnya dengan jujur berat sekali kaki ini melangkah ketika jam sudah menunjukan pukul 19.00. Istri sih menyarankan untuk sholat berjamaah di rumah dengan beliau (mmmuach,..). tapi bukan itu masalahnya istriku! Begini,.. wabil khusus bulan Ramadhan Tahun 1432 H ini, ntah ini suatu ibrah (pembelajaran | shettt kayaknya bahasa pa ustad Jamil nehh) yang Alloh berikan lewat kegiatan sholat tarawih bulan Ramadhan tahun ini, atau hanya sekedar pertanda meningkatnya daya dukung iman di bulan nan suci. Kelamaan nehhhh ceritanya apaan sehhh,...!
Tepat di sebelah aku berdiri untuk memulai sholat tarawih, di hari kedua sholat tarawih (soalnya hari pertama sholat dimasjid lain yang kecepatnya 20 km/jam, Hehehhe kalau dimasjid ini lumayan lah 50 km/jam) ada tetangga yang kebetulan diberikan Alloh ujian berupa ketidak berdayaan untuk berdiri akibat kecelakaan beberapa tahun silam (sedihhhhhh,... menatap monitor diam sejenak,..). baik mari kita lanjutkan,.. sempat berpikir dalam hati (kok berpikir dalam hati) maksudnya karena bulan suci Ramadhan sehingga sepertinya segala sesuatu sekarang ketika kita berpikir selalu saja ada perasaan hati yang mengikutinya! Atau supaya jelas terbersit dalam hati,... (puas) “Alhamdulillah aku masih Alloh izinkan untuk memiliki kesempurnaan pisik (woiii fisik | orang sunda kan gak bisa bilang FITNAH) + wajah yang tidak terlalu mengecewakan hehehhehe,.. alhamdulillah juga Alloh masih saja selalu memaafkan kesalahan kita meski itu diulang-ulang kita lakukan (Alloh ku baik ya) Alloh mu gimana?!.




Itulah yang membuat ku tertegun sejenak, menghela nafas panjang ketika jam menunjukan pukul 19.00 di bulan suci ini, ketika mata ini berat tuk menatap istriku yang cantik, ketika tubuh ini lelah,.. (sempat sih,.. setan dalam jiwa ini berbisik,.. sudah istirahat saja sejenak,.. kan masih ada esok sholat tarawih di masjid lagi,  lagian kan ini sholat sunah,.. apalagi kamu kan tadi dah ngajar dari pagi sampe sore,.. ngajar juga kan ibadah (sombong),.. dahhh impas dah,.. kebanyakan ibadah ntar Alloh kasih ujian yang lebih berat lhoo bla..bla...). Tapi malaikat ku pun tersenyum dengan indah,.. masa kalah ama tetangga loe yang sholatnya aja duduk, membungkuk tuk rukuk dan sujud, sampe hari pertengahan bulan suci ini belum absen dari masjid brow,.. ayo let’s. Go... akupun terbangun lantas ambil senter (maklum rumahku masih jauh dari peradaban Hypermart hahaah) berangkat dalam hati ini,..


Dan benar kan, beliau (tetangga ku yang cacat itu) sudah terlebih dahulu datang. Aku (,..@###???) itulah yang membuat ku semangat untuk selalu menjalankan sholat tarawih berjamaah di masjid berkecepatan 50 km perjam,. Lebih cepet sih dikit dari masjid Jamie, tapi setidaknya masih lebih baik dari masjid lain yang mencapai kecepatan 80 atau 100 km / jam (shettttt,.... kok tau mereka lebih cepet | sebab “dulag” nya lebih cepet! Heheheh). Aku sadari meski barometer ibadahku belum seperti pa ustad yang benar-benar sholat karena Alloh, bukan karena gengsi ama orang yang cacat kekurangan, tapi setidaknya itulah bentuk kasih sayang Alloh yang aku sempat tangkap melalui taufik yang didapat dengan jalan hidayah sholat berjamaah. Intinya aku malu jika tidak menunaikan ibadah sholat tarawih di malam-malam yang suci ini,.. malu dong,..ah!. ada yang lebih ekstreem kata pa ustad kalau kita gak tarawih,.. berarti kita mengejek Alloh (kok Ngejek,..) karena Alloh dah nyiapin jamuan yang begitu indah hanya 1 bulan saja (limited edition) ehhm,.. kita malah seenaknya aja melewatkan tarawih dengan dalih buka bersama (halah,.. cemen banget ya,...). –semoga bermanfaat-


5 komentar: