Kamis, 08 September 2011

Materi TIK Kelas 9 BAB I Pengenalan Internet

BAB I
PENGENALAN INTERNET

A.     Sejarah Internet
Keberadaan internet dimulai pada tahun 1969 yang dibuat oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang merupakan sebuah Departemen Pertahanan Amerika. Nama awal riset tentang internet yaitu ARPANET (Advance Research Projects Administration Network).
Tahun 1972, e-mail mulai disempurnakan oleh Roy Tomlinson. Tahun 1984, diperkenalkan sistem nama domain  atau yang kita kenal dengan nama DNS (Domain Name System). Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan IRC (Internet Relay Chat). Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program browser atau yang kita kenal dengan nama www (World Wide Web).

B.      Internet dan Intranet
1.      Pengertian
Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang sering disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Keunggulan Internet antara lain:
a.      Komunikasi murah
b.      Sumber informasi yang bervariasi
c.       Tantangan baru untuk berusaha
d.      Keterbukaan
e.      Jangkauan yang tidak terbatas.
f.        Media pertukaran data  

Intranet merupakan jaringan komputer berbasis TCP/IP yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, warnet (warung internet) dll.
2.      Layanan aplikasi
a.      WWW (Word Wide Web)
Web adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dll yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Contoh aplikasi browser yang sudah populer adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera. Sedangkan contoh mesin pencari untuk memudahkan pengguna dalam mengakses web antara lain: Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

b.      E-mail (Electronic Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Kotak surat para penguna e-mail disimpan pada sebuah mailserver milik penyedia layanan e-mai seperti yahoo, gmail dsb.

c.       File Transfer Protocol (FTP)
Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet.
d.      IRC (Internet Relay Chat)
Sarana IRC atau sering disebut dengan “chat” merupakan sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan barisan-barisan tulisan yang diketikan melalui keyboard. Contoh aplikasi chat adalah mIRC, Yahoo Messenger, Gtalk, dan MSN Messenger.

e.      Telnet
Telnet adalah layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi sehingga memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
f.        Mailing list
Mailing list atau milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
g.      Newsgroup
Aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
h.      Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet yang hanya terbatas pada teks saja.
i.        Ping
Ping (Packet Internet Ghoper) digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

3.      Website atau situs
Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis ataupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing diubungkan dengan link-link.
            Unsur-unsur website
a.      Domain Name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanent situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs (untuk menemukan situs kita di internet). Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh: http://www.yahoo.com atau http://yahoo.com.
·         Generic Domains adalah domain yang tidak berafiliasi berdasarkan negara manapun (siapapun bebas mendaftar) dan sering disebut top level domain, seperti: .com (komersil), .org (Organisasi atau lembaga nonprofit), .mil (angkatan bersenjata), .edu (pendidikan), .gov (pemerintahan).
·         Country-Specific Domains merupakan domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi dan sering juga disebut second level domain antara lain: .id (Indonesia), .us (Amerika Serikat), .in (India), .de (Jerman), .uk (Inggris), .cn (Cina), .au (Australia), dll.
Contoh penggunaan domain tersebut untuk di Indonesia adalah: .co.id (Badan Usaha yang memiliki badan hukum) .ac.id (untuk lembaga pendidikan), .go.id (untuk Lembaga Pemerintahan Indonesia), dll.
b.      Hosting adalah sebuah ruangan yang terdapat dalam hardisk tempat penyimpanan berbagai data (file-file, gambar, dll) yang akan ditapilkan di sebuah situs. Besarnya data yang dimasukan tergantung kepada besarnya hosting yang disewa. Penyewaan biasanya dilakukan dalam hitungan pertahun.
c.       Scripts/Bahasa Program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs pada saat diakses. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para desainer web atau situs adalah: HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, dll. Bahasa dasar yang digunakan adalah HTML sedangkan yang lain seperti ASP adalah pendukung yang mengatur dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Harga script yang dijual di pasaran sangat mahal, karena tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
d.      Desain Web adalah tampilan situs yang kita buat dan sangat berpengaruh terhadap penilaian pengunjung. Desain tersebut dapat dibuat sendiri ataupun dibeli dari seorang web disainer, akan tetapi biasanya semakin bagus desain web yang dibuat maka akan semakin mahal harga web tersebut.
e.      Publikasi adalah sebuah usaha memperkenalkan situs yang dibuat oleh kita kepada masyarakat agar dapat dikunjungi serta bermanfaat bagi banyak orang. Salah satu bentuk promosi atau publikasi yang sangat efektif dengat tidak terbatas ruang dan waktu adalah dengan cara mendaftarkannya melalui search engine seperti yahoo, google, dll.
Untuk mendukung kelanjutan dari situs, diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai dengan kebutuhan dari situs tersebut. Tanpa pengelolaan yang baik situs akan terkesan membosankan dan ditinggalkan oleh pengunjung.
4.      Pengalamatan di internet
Untuk keperluan web alamat internet sering disebut URL (Uniform Resource Locator) dan biasanya ditulis dalam susunan: protokol://domain/direktori/file.
·         Protokol     : menentukan tata cara komunikasi yang digunakan. Seperti: http, https, dll.
·         Domain     : nama server/komputer yang menyediakan layanan
·         Direktori    : folder tempat penyimpanan informasi
·         File            : dokumen /informasi yang disimpan
Untuk keperluan e-mail (surat elektronik) atau telepon di atas internet, biasanya ditulis seperti berikut: namapengguna@nama.mesin.di.internet
Contoh: albaniez@gmail.com e-mail tersebut dibaca sebagai pengguna albaniez di mesin gmail.com (gmail merupakan bagian dari mesin pencari Google yang berfungsi sebagai penyedia tempat alamat surat elektronik/e-mail bagi pengguna).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar