Rabu, 20 Juni 2012

10 Siswa Yang Berpengaruh dalam Pelajaran TIK 2011/2012

Bismillahirrahmanirrahim,..
Dah lama neh, gak kutak ketik di blog tercinta,.. hehhe. Berhubung bulan ini masih ada waktu tersisa untuk bercengkrama dengan murid-murid tersayang, gak ada salahnya kali,.. saya buat postingan sederhana yang mengiringi mereka untuk beranjak dewasa guna melukis kenangan manis kembali di SMA kelak uhuyyy,... Beberapa waktu  lalu dah pernah janji sih, pengen me-review beberapa muridku yang sempat menjadi insfirasi dalam berbenah diri. 



Mestinya ini memang ditayangkan (sinetron kali) beberapa saat setelah ujian selesai karena biasanya mereka dah gak betah pengen melihat hasil semua nilai mata pelajaran yang pernah mereka kerjakan, salah satunya mungkin (berharap.com) pelajaran TIK. Ini sih sebenarnya bukan pembahasan masalah nilai, akan tetapi lebih kepada hasil secara keseluruhan dalam pembelajaran TIK di SMP baik yang didapat secara langsung dari guru pembimbing, maupun dari Om google.
Aniway,... dari beberapa orang muridku yang hampir berjumlah 400 orang, ada diantara mereka yang sempat bersemayam di qalbu untuk sesaat memaksa hati ini terpana, dan bibir ini tersungging serta diri ini bersyukur karena mereka telah berhasil melebihi target pembelajaran yang diharapkan. Tetapi rasanya kurang asyik kalau saya hanya me-review mereka yang berprestasi dalam bidang akademik saja. Oleh karena itu pemirsa... berdasarkan kesepakatan, marilah kita simak beberapa orang muridku yang menjadi icon dalam pelajaran TIK (ini luas ya bahasannya) gak sekedar yang dapat nilai 100 di Ujian Praktek. Hehehheh tapi berdasarkan poling sms dari para pemirsa (daripada lebih ngawur,............) mari kita saksikan:

1. Elis Kalisma Detik https://www.facebook.com/Elis.GoMinam28 ,..... yups. Si cantik dari Korea inilah yang menempati urutan pertama dari 10 orang murid yang berpengaruh dalam pembelajaran TIK kelas 9 di SMP N 1 Cugenang Cianjur. Karena apa?... karena yang pertama dia tuh jago banget’s.. belajarnya. Nilai rata-ratanya diatas sembilan. Dah gitu hampir tiap ujian dapet nilai 100, pernah sih dapet kurang dari 100 (mungkin lagi galau kali ya). Trus,.. nyang berikutnya gak salah lagi dah,.. yang ngeliat blognya ampe mudal pemirsa (ukuran siswa smp) blog gurunya aja ampe kalah (kan kalo gak ada tugas, blog gurunyamah gak banyak yang nengok-kasiann heheh). Berikutnya yang paling saya demen dari dia, dia tuh lebih milih bersemedi di kelas 9A sambil nyuri sinyal gratisan dari lab komputer (halal kok,..) daripada “ubrang abring” (maaf pakai bahasa asli) kesana kemari gak ada judul pake pinjem motor orang lagi,.. jatuh,.. suruh ganti parah pokoke!. Dia lebih milih asyik nulis cerpen sambil download music K-Pop. Heeheh,.. pokoknya buat elis selamat deh, karena dari sekian murid yang diajarkan TIK mungkin hanya ananda yang senang memanfaatkan TIK untuk setidaknya bukan suatu hal yang negatif!.  Tapi sayang dia gak dapet juara kelas, tanya kenapa? Berikutnya,........


2. Pemirrrsaa,............(jadi kaya mas tukul) hehehe nyang kedua ada Hilman Rezpect. https://www.facebook.com/Hilman.Rezpect Hilman ini orangnya asyik sebetulnya, Cuma semenjak deket ama S*** N****ni kayaknya dia jadi kurang semangat belajar (siganamah sering diputusin, heheh peace,.. becanda ya nak hilman dan nak nni), heheh tapi walaupun demikian karena penilaian ini netral and murni (siswa yang berpengaruh dalam pelajaran TIK) jadi ya, tetep dia masuk kejajaran review tersebut. Hilman (emang dah bakat kali. Punya compie dirumahnya) dia lumayan memahami hardware ama software (tapi belum di test langsung) Cuma kalo ditanya lebih nyambung daripada yang lain hehhehehe,.. yang jelas dia dah bisa nginstal cendili tanpa dikasih tahu ama tempe lagi!. Kelemahannya cuma satu, nilai untuk teori, tugas agak-agak lemot gimana gitu,.. hahahahha, but it’s ok, you are the best for creative student (kalo salah ketik ntu salah keyboard ya).

3. M. Toto Nugraha https://www.facebook.com/tshin96 . Inilah si ganteng kalem yang sempet jadi rebutan dua orang putri cugetsu (heheheh) Toto menempati urutan ketiga karena dia menurut penilaian juri tunggal (aku) sepertinya memahami pembelajaran TIK akan tetapi secara umum (hampir semua bisa) Cuma gak terlalu menjurus menghasilkan 1 buah aktifitas seperti misalnya elis (sibuk ama blognya) ato hilman sibuk ama hardware+softwarenya (bapa denger-denger dirumah hilman dah nangkring monitor Led 75 Inc (kegedean ya,.. 32 Inc kali ya,...). Toto paling jago dalam hal potret memotret (salah satu kajian TIK), Cuma masih kalah ngedit sotoshopnya ama andi wijaya suherman. Salah satu yang mencuri perhatian sang juri, makanya dia masuk ke 10 besar adalah ketiak (eh,.. salah ketika) presentasi diskusi kelompok yang membahas jaringan (masih ingat To,..) Bapak baru tau ternyata cikal bakal, asal mulanya touch screen itu bermula dari sana (heheheh ada touch screen di tembok – suerrrrrrrrrrr lucu banget, ntar kapan-kapan video presentasi nya bapa upload di youtube heheh) but creative! ......Next >>>>

4. M. Andi Wijaya Suherman https://www.facebook.com/acloseheaderss  dan Faisal Yuda https://www.facebook.com/SiCutSave , dua makhluk (maaf, maksudnya dua orang cakep, Cuma makhluknya gak bisa di delete) hehhe. Terpaksa menempati urutan ke 4 (dua-duanya) karena spesifikasinya (nyambung gak?-biarin) dalam pelajaran TIK hampir sama, yaitu pinter TIK tapi ngedul! Hahahaha, pinternya ketauan kalo disuruh aja (itu juga kalo lagi sadar-disuruh mau heheheh). Game, hardware, software dua orang murid ini lumayan tau, tapi urusan game masih kalah ama Ozan (ozan ampe tidur ama PSP kesayangannya – untung gak ama monitor crt 21 Inc). Hehehehe,,... 

5. Novita Lestari Dewi https://www.facebook.com/novita.lestaridwiputri . Ms. Novita ini menempati urutan ke lima, selain dia pinter dalam hal teori dan praktek, gak mau ketinggalan juga aktif nge-blog, Cuma waktu ada penilaian aja! Jadi ratingnya Cuma kuat ampe nomor 5, beda ama elis yang sampai sekarang masih terus aktif nge-blog. Novita berada di nomor urut lima karena kalo dia sudah mengerjakan tugas, pasti lebih dari cukup (selalu dimaksimalkan) cuma sayang jarang continue, hehhehe. 

6. Ilham (dante) https://www.facebook.com/ifadilahputra . Di urutan ke enam ada Ilham yang lumayan aktif nge-blog dan main Facebook (selalu update - dan sekarang lagi asyik main game nija siki saga!). Ilham masuk urutan ke enam karena selain kritis ketika belajar TIK, juga gak mau kalah kalo mengerjakan tugas selalu pengen lebih baik dari yang lain (halal untuk kebaikan hehehhe).

7. Ayuni Rizka Ifanda https://www.facebook.com/ayuni.ri  dan Narumi Sintia Wigandi https://www.facebook.com/narumisintia.wigandi , dua murid cantik ini menempati urutan ke 7 untuk pelajaran TIK. Asli dua orang murid ini pinter dalam ujian teori TIK. Cuma kalo urusan praktek ya,.. standar,.. standar gak pengen kalah maksudnya. Padahal neh, kalo lebih rajin dalam urusan TIK, mungkin bisa mengelahkan murid dari Korea ntu! Hahahahahha

8. Dua bersaudara (kuncen Laboratorium Komputer) siapa,.. diaaaaaaaaaaaaaaa Buldan https://www.facebook.com/muhamad.buldan dan Adhi  https://www.facebook.com/nugroadhiethea . Sebenarnya dua murid ini harusnya berada di peringkat pertama. Cumaaaaaaaaaaaaaaaaaa, berhubung nilai teorinya lumayan kena debu, heheh jadi berada di urutan ke delapan. Kalo urusan ngeprint mereka berdua jagonya (orang kerjanya tiap hari ngeprint-in tugas orang lain hehehehh). Trus instal aplikasi, lumayan dah mereka pada ahli (ahli di kandang sendiri maksudnya) hahahahah,..tapi yang jelas, kalo urusan mengatasi masalah dalam komputer, dua orang ini minimal berada dibawah Hilman Rezpect. Heheh (contoh : kenapa monitor gak nyala,.. pasti mereka tau periksa kabel powernya, ato periksa kabel vga nya heheheheh.,.....itumah anak orok juga ngerti ya!).

9. Briptu Nurman Kamaru https://www.facebook.com/saveter  berada di urutan ke sembilan. Sebetulnya dia aktifis OL (ada gitu aktifis OL – ada aja lahhhhhhhhhhh,.. yaaaa...yaa biar cepet). Kelemahan dari nak nurman adalah kalo dia diberi informasi baru tentang TIK, dia suka nanya teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussss, di praktekin gak, kan jadi repott hehehe padahal modal dia sering bertanya ntu sangat bagus, harusnya setelah banyak bertanya langsung banyak praktek, eh malah banyak main FB nya mentang-mentang dah punya laptop baru (kok ngebahas Nurman jadi kaya curhat, heheheh...). Nurman ntu pinter, gokil, jail dan bikin orang hepi!.

10. Doni Ramdani https://www.facebook.com/ASR97?ref=ts  sebagai wakil siswa yang aktif dalam pembelajaran TIK tapi kesiangan, hehheheh maksudnya giliran “di akhir cerita,... baru muncul kisah cinta” heheheh,...dan selain milik Doni Ramdani (yang aktif ngeblog akhir-akhir ini) urutan ke 10 juga bapa persembahkan bagi mereka murid-murid yang memiliki dedikasi kepada pelajaran TIK, tapi masih suka sembunyi-sembunyi sehingga bapak gak sempet melihat kemampuan aslinya.

Anak-anaku yang bapak sayangi demikianlah amanat dari bapak, dalam kesempatan yang berbahagia ini pula, ijinkanlah bapak menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya, karena pasti banyak sekali kehilapan yang pernah bapak buat, yang membuat hati ananda terluka, sekali lagi Bapak mohon maaf, dan marilah kita berdo’a semoga yang bikin blog ini selalu diberkahi oleh Alloh SWT. Amin,.. (terima kasih,..).  Apapun yang bapak sampaikan disini, ini hanyalah sepenggal kisah menarik yang kalian telah ukir bersama-sama, memang tidak semua siswa dipaparkan dalam review ini, akan tetapi munculnya beberapa siswa yang sempat bapa tulis di atas, tidak akan dapat memiliki nama besar seperti itu kalau disampingnya tidak duduk dengan manis seorang sahabat kalian yang mungkin belum mampu seperti kalian dan itu bukan karena mereka malas, akan tetapi karena mereka belum punya kesempatan seperti kalian. Murid kelas 9 hebat semua, cuma hanya sebagian yang sempat “kebuka” sama bapa, sisanya Insya Alloh “dibuka” sama pembimbing lain, jika tidak di SMP, mudah-mudahan di SMA kelak. amin

Dan untuk semua murid kelas 9 angkatan 2011/2012 bapak ucapkan selamat menikmati masa-masa SMA yang penuh pesona! Tingkatkan terus kualitas diri kalian, manfaatkan teknologi untuk kebaikan dan jangan lupa selalu tengok blog bapa! Hehehehheheh

Salam hangat

Bani
Juni  2012

7 komentar:

  1. mantap pak ! hehe..
    Cuman nama saya M. Toto Nugroho, bukan M. Toto Nugraha.. hehehe

    Salut deh.. !!

    BalasHapus
  2. etamah lepat ngetik to, da perasaan bapak teh toto urang Sunda sanes Jawa, hehehehheh

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. siapa yang bikin, dia yang bertanggung jenab, betul gak to?

      Hapus
  4. hrusnya sya yg kesatu kan sya kuncen heheh
    hehe

    BalasHapus
  5. Hadiahna naon Pak? hhehe... XD
    follow sama visit back dong Pak... hehe.. XD

    BalasHapus