Senin, 22 April 2013

SMK N 1 Cugenang


Bismillah,..

Mengenang beberapa tahun kebelakang, mengingat beberapa muridku di SMK N 1 Cugenang angkatan pertama; Hadi, Aang,  Dede The Virgin, Toing, Andi Sorow, Juwita, Imas, dan yang lainya sempat hilang dari memori ini, hehehhe. beberapa hari yang lalu saya lewat dan sengaja mampir ke SMK N 1 Cugenang, selain sekedar jalan-jalan menghirup udara sejuk,... memang ada keperluan yang berhubungan dengan tugas panitia PSB ke luar sekolah. 

Dari beberapa guru yang ketemu disana, ada yang memang masih kenal dengan saya namun kebanyakan mereka wajah-wajah baru bagi saya yang sempat mengajar disana selama kurang lebih 2 tahun (2007 s.d 2008). KKPI adalah mata pelajaran yang pernah saya berikan di sana. 
Jika mengingat mereka yang kini sudah pada bekerja, kangen rasanya (lebay,. hahahha). Terakhir saya dengar Hadi sudah kerja di Sukabumi sambil kuliah, Aang jadi pengusaha Warnet (perasaan dulu masih kalah sama Dede The Virgin komputernya,. hehehe). Andi Sorow masih tetap dalam kegalauan-nya mengurus sang pujaan hati,.. heheheh.

Bicara masalah sekolah, tidak sedikit saya berikan saran kepada murid-murid di SMP untuk memilih melanjutkan sekolah ke SMK N 1 Cugenang, selain sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap perkembangan dunia pendidikan di Kec. Cugenang, juga karena sekolah tersebut berada tidak jauh dari sebagian besar tempat tinggal mereka. Sebetulnya ini kesempatan baik buat mereka terutama bagi siswa yang memiliki masalah dalam ekonomi (setidaknya mereka bisa mengirit dalam hal transportasi-yang jauh lebih besar dalah hal mengeluarkan biaya). Tapi namanya juga anak SMP, heheheh kalau saya tanya "nak mau melanjutkan kemana?",.. pasti jawabannya ke TEX***, atau kalau gak ke ST*****. itu yang laki, sedangkan kalo yang perempuannya mereka menjawab ke PA***** atau SMK Kesehatan yang cukup marak sekarang ini. Semua sekolah tersebut bukannya tidak baik, karena saya yakin semua orang mendirikan sekolah pasti untuk kebaikan, akan tetapi karena jawaban mereka saya yakin bukan dari hati (kaya eyang So***, heheh nebak-nebak hati orang hahah). ya.. sepanjang yang saya tahu jawaban mereka lebih dipengaruhi oleh stimulan (rangsangan) dari lingkungan dengan siapa mereka bergaul, mereka tidak peduli dengan berapa besar biaya operasional mereka bersekolah, . hehhe tapi tidak sampai sejauh itu saya mengomentari karena ntar mereka menjawab "Masbuloh" heheheh,.. 

Tapi yang jelas karena sampai hari ini saya masih berniat mendidik mereka, alangkah bijaksananya jika saya tetap memberikan saran, solusi yang meskipun belum tentu mereka mau menerimanya. Saran saya adalah bagi mereka yang memiliki prestasi tinggi, ekonomi lebih dari cukup ya pasti saya menyarankan untuk masuk ke SMA atau SMK yang lebih memungkinkan bagi mereka mengembangkan wawasannya secara maksimal. tapi bagi mereka siswa yang memiliki semangat belajar yang tinggi namun biaya agak kurang mendukung, maka saya sarankan untuk mengambil sekolah yang dekat-dekat saja. Toh pada dasarnya kualitas akan tetap dimiliki oleh pribadi-pribadi yang berbuat sesuai dengan yang diusahakanya, bukan karena mereka sekolah dimana (meski itu juga mendukung secara lingkungan).

Eh,.. niat cuma posting foto SMK N 1 Cugenang malah lebih banyak curhatnya, heheh. ini sama sekali tidak bermaksud promosi pemirsa (kan gak dibayar, hahahahah) hanya saja karena dulu logo SMK N 1 Cugenang saya yang bikin (emhh sombong,..) jadi ada perasaan gimana,.... gitu kalau sekolah itu maju. hahaaah (ngarep) semoga!

Terakhir, sebelum fotonya saya posting, saya berpesan kepada siswa SMP yang mau melanjutkan ke SMA atau SMK, pilihlah sekolah yang akan membuat kalian berpikir banyak, bukan sekolah yang akan membuat kalian jajan banyak! hahahhahaha.
ini sebagian foto yang saya ambil waktu berkunjung ke sana!












Jalannya juga gak terlalu jelek, bahkan lebih bagus dibanding tahun lalu!


bani,
untuk pendidikan lebih baik!

3 komentar: