Selasa, 11 November 2014

Prakerin

Hampir semua, bahkan semua kayaknya jika yang namanya prakerin pasti dikenal oleh mereka yang sekolah di SMK baik negeri maupun swasta. Nah karena ada sedikit kerjaan yang berhubungan dengan prakerin, maka saya coba bahas sedikit prakerin tapi dari sudut pandang lain yang mungkin jarang dibahas.

Bermula dari ngobrol dengan teman yang kerja di sebuah percetakan, karena disana pada nongkrong anak-anak berseragam SMK yang sedang asik mengerjakan sesuatu, maka saya iseng tanya sama teman saya, mereka anak prakerin dari smk mana, jurusan apa, dll. Trus temen ane jawab (eh ane, maksudnya temen saya jawab) anak smk ******************* (kebanyakan bintangnya) jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM). What,.. (dengan nada aneh) saya senyum sendiri, trus lanjut nanya ngapain jurusan teknik sepeda motor prakerin di percetakan?. Ya,... biasa suruh ngelemin banner, lipetin dan packing pesanan pelanggan. Oh,.. saya langsung berbaik sangka aja, mungkin yang mereka butuhkan saat ini adalah pengalaman suasana bekerja, bukan hanya untuk memperdalam ilmu yang mereka maksudkan di jurusan smk yang mereka ambil.

Tapiiiiiiiiii,.. saya jadi psimis gimana mereka mau ahli ntar kalo dah keluar dari SMK yang nyata-nyata mereka ambil jurusan tertentu dengan prakerin yang terkesan asal (tidak nyambung). Ya pertanyaan tinggal pertanyaan, apa boleh dikata kenyataan berkata lain. Trus ada yang lebih lucu, masa jurusan AP, prakerin di departement store.

Hehhehe,... BTW kembali ke kerjaan aja, sambil berusaha menghasilkan karya terbaik untuk mereka yang akan bersiap mengerjakan tugas prakerin, semangat,....

Bikin Id Card untuk anak SMK yang mau prakerin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar