Sabtu, 28 Oktober 2017

Pendidikan Karakter

Susahnya menghilangkan rasa malas untuk menulis adalah salah satu karakter kita yang seharusnya dapat dihindari, jika memang kita berniat untuk selalu meningkatkan kemampuan diri khususnya dalam kemampuan menulis.

Bukan itu sebenarnya inti dari tulisan yang saya maksud dalam postingan saat ini. heheheh,.. Jika kita mengetik di google "karakter adalah" maka tulisan yang akan muncul kurang lebih seperti ini "Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya". Gampangnya karakter adalah sifat seseorang, betul? (betul aja lah biar cepet).

Muncul sebuah pertanyaan dan keheranan dalam benak ini, aneh... bener bener aneh,.. saya tidak habis pikir jika pengembangan karakter yang hakikatnya identik dengan pengharapan kualitas terbaik dari diri seseorang, disampaikan oleh orang yang terlihat secara kasat mata dan dirasakan keberadaanya jauh dari karakter baik yang diharapkan. Contoh karakter siswa yang diharapkan oleh semua orang adalah karakter terbaik, sementara pengenalan, pembiasaan karakter tersebut disampaikan atau diberikan oleh seorang guru yang sudah jelas terlihat, terasa, terindikasi, terbukti guru tersebut memiliki karakter yang jelek, di bawah nilai ukuran karakter standar. Anda pasti sudah bisa membayangkan hasilnya seperti apa?, meskipun hal lain dapat dijadikan sebuah alibi atau pembelaan bahwa mungkin saja siswa memiliki karakter lebih baik dari gurunya. heheheh,...

Ini hanya sebuah keheranan tingkat kecamatan, heheheh kekhawatiran yang mungkin saja tidak perlu dikhawatirkan, heheheh... Intinya adalah jika kita memang berkeinginan menciptakan, mengembangkan, membudayakan karakter terbaik di diri orang lain, maka karakter kita sendirilah yang harus menjadi ukuran keberhasilan tersebut.

Tersenyum, salah satu karakter terbaik kita

Selamat memperbaiki karakter kita masing-masing, dan budayakan karakter terbaik kita kepada orang lain agar lebih bermanfaat. Dan ingat mempermudah kepentingan orang lain adalah salah satu karakter terbaik kita yang harus selalu dipupuk agar lebih bermanfaat.






1 komentar: