Rabu, 14 September 2016

Cek Kadar Gula Darah

Saat saya ditanya sudah cek kadar gula darah, maka jawaban saya selalu sama, "saya tidak mau cek kesehatan, sekiranya keadaan badan saya baik-baik saja" hihihihi,.. sebetulnya lebih dekat jawabannya takut tertekan, jika memang hasil pengecekan ternyata ada apa-apa dengan kondisi tubuh ini.

Tapi dengan kesadaran akan usia yang semakin bertambah, maka rasa penasaranpun semakin tinggi, hingga pada akhirnya ketika ada kesempatan (chek gratis) hihihi,.. maka hal itu pun terjadi. Ya,... chek gula darah, dan hasilnya alhamdulillah tidak terlalu menghawatirkan (aman-aman saja).

Menurut orang yang lebih paham akan kondisi kadar gula darah, katanya penyakit gula adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh.

Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.Tingkat gula darah diatur melalui umpan balik negatif untuk mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh. Level glukosa di dalam darah dimonitor oleh pankreas. Bila konsentrasi glukosa menurun, karena dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, pankreas melepaskan glukagon, hormon yang menargetkan sel-sel di lever (hati). 

Kemudian sel-sel ini mengubah glikogen menjadi glukosa (proses ini disebut glikogenolisis). Glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah, hingga meningkatkan level gula darah. Apabila level gula darah tinggi hipertensi meningkat, entah karena perubahan glikogen, atau karena pencernaan makanan, hormon yang lain dilepaskan dari butir-butir sel yang terdapat di dalam pankreas. Hormon ini, yang disebut insulin, menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen. Proses ini disebut glikogenosis), yang mengurangi level gula darah. Diabetes mellitus tipe 1 disebabkan oleh tidak cukup atau tidak dihasilkannya insulin, sementara tipe 2 disebabkan oleh respon yang tidak memadai terhadap insulin yang dilepaskan “resistensi insulin”. Kedua jenis diabetes ini mengakibatkan terlalu banyaknya glukosa yang terdapat di dalam darah. 

Untungnya setelah di cek kadar gula dalam tubuh saya 139 mg/dl, kondisi tersebut diperoleh setelah makan kurang lebih 1 jam, maka itu artinya kadar gula saya STANDAR. (alhamdulillah).
hasil cek kadar gula darah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar